Jumat, 13 Maret 2009

MEMILIH TROTOLAN ANIS MERAH

Tip's memilih trotolan/bakalan anis merah

Secara umum, para nara sumber menyebutkan beberapa hal yang sama untuk mendapatkan trotolan anis merah yang bagus dan berjenis kelamin cowok, antara lain:

ciri-ciri fisik

*kepala - terlihat kotak, bagian atas agak gepeng/pepeg (bhs sunda, mungkin ya) dan panjul di bagian belakang.

*leher -panjang *paruh - besar, panjang, tebal (proposional) dan lurus - lubang hidung besar *mata - besar, dan menonjol keluar, seperti melotot, bersih dan bening

*badan - ramping panjang (proposional) tidak terlalu besar - berdiri tegap - bulu warna cerah dan mengkilap (bagian sayap warna hitam kebiru-biruan)

*suara - cari yang keras (maksudnya suara criiit..criiit) dan cerewet.

*perilaku - lincah dan sering loncat kesana kemari

*kaki - hitam nah, saya rasa sebagian besar rekan-rekan sudah tahu tentang ciri-ciri di atas, karena sudah sering dijumpai diberbagai.

Selain ciri-ciri di atas, saya juga mendapatkan beberapa criteria lagi dari sumber-sumber terpercaya dan pengalaman saya dalam mendapatkan trotolan anis merah yang bagus dan co, yaitu:

*bulu bagian dada trotolan anis merah co ada belahannya. (cewek tidak ada tetapi mengembung)

*am jantan warna merah/bata nya agak tua (gelap),anis merah betina warna merah/bata nya lebih terang

*ngeleper disertai dengan ngeriwik kecil (yang ce ngeleper tetapi bunyi siiir…siiir…siiir), biasanyaanis merah cepat ngeplong.

*ujung paruh lancip (ce tumpul)

*trotolananis merah co, sering menyembunyikan satu kakinya saat santai. (ce akan mendekam seperti posisi mengeram saat santai)

*kuku kaki trotolananis merah co pendek (ce agak panjang) hal lain yang tidak kalah penting. Pengetahuan diatas bisa saja tidak berguna sama sekali apabila kita mengabaikan beberapa hal penting, yang sumbernya dari diri kita sendiri yaitu:

Yakin Tidak ragu-ragu dalam memilih trotolananis merah . Terkadang kita masih ragu-ragu, apakah trotolan anis merah yang kita pilih bagus atau tidak. Teliti dan sabar Teliti dalam memilih bandingkan antara satu trotolan dengan trotolan yang lain, lihat mana yang mendekati kriteria. Jangan terburu-buru, harus sabar melihat ciri-ciri yang kita inginkan pada trotolan.

Beda anis merah trotolan jantan dan betina

Trotolan AM betina biasanya warna sayapnya agak kusam, dan ada warna-warna kuning di bagian sayapnya. Warna-warna kuning ini terdapat pada bulu sayap dari yang paling kecil sampai yang paling besar, biasanya jumlah warna kuning pada sayapnya sebanyak 5-6 helai. Untuk membedakan trotolan AM jantan/betina dengan melihat warna di sayapnya, cara ini hanya bisa kita bedakan di saat trotolan tersebut masih ada bulu-bulu trotolnya kira-kira umur di bawah 3 bulan. Jika sudah ganti bulu dewasa atau dah full merah, kita jadi sulit untuk mebedakannya.
Untuk yang betina: Warna kuning pada bagian sayapnya akan hilang secara perlahan-lahan dan warna sayapnya jadi hitam polos. Untuk yang jantan warna sayapnya akan semakin mengkilap dan terkadang jika sudah birahi, anis merah trotolan tersebut akan mulai ngeplong.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar